Monday, May 11, 2009

MENGENAL JENIS-JENIS MATERIAL (4)

Kali ini saya akan menjelaskan secara singkat tentang apa itu semikonduktor.

SEMIKONDUKTOR
Semikonduktor merupakan material yang memiliki harga resistivitas di antara konduktor dan isolator. Konduktivitas semikonduktor dapat bervariasi di dalam medan listrik tertentu. Di dalam konduktor logam, arus dibawa oleh aliran elektron. Sedangkan di dalam semikonduktor arus bisa dibawa oleh aliran elektron atau oleh aliran lubang bermuatan positif di dalam struktur elektron material. Peralatan semikonduktor meliputi transistor, diaoda termasuk LED (light emitting diode), dan IC analog dan digital. Material semikonduktor yang utama adalah unsur-unsur Silikon dan Germanium yang terikat secara kovalenn dan juga beberapa senyawa kovalen lainnya seperti GaAs, CdTe dan InP. Sebenarnya semikonduktor dapat pula dikatakan sebagai subgroup dari keramik, karena karakteristik ikatan dan sifat-sifat mekaniknya samapa dengan keramik. Dengan pertimbangan kepentingan komersialisasi dari semikonduktor, material ini dikategorikan terpisah dari keramik. Semikonduktor harus diproses dengan teknik tertentu yang menjamin kontrol yang akurat terhadap komposisi dan struktur, karena material ini harus menunjukkan tingkat duplikasi sifat yang tinggi yang dibutuhkan oleh industri mikroelektronik. Kenyataannya, teknik pemrosesan semikonduktor merupakan yang paling canggih diantara teknik pemrosesan material (sebagai contoh, konsentrasi pengotornya cuma beberapa atom untuk setiap miliar atom tuan rumah).
Pada diskusi yang lalu tentang komposit, difokuskan pada penggunaan untuk aplikasi struktur. Sekarang kita perlu juga memahami bahwa peralatan mikroelektronik pada dasarnya juga merupakan komposit dimana dua atau lebih material dengan sifat yang berbeda (konduktor logam, unsur semikondukting aktif, dan isolator keramik) harus digunakan secara sangat berdekatan. Peluang utana dalam bidang mikroelektronik terletak pada miniaturisasi dan fabrikasi peralataan-peralatan di mana komponen-komponennya merupakan struktur komposit dalam skala submikron.

1 comment:

  1. jika pada sudu turbin turbocharger, bila terjadi kegagalan diakibatkan oleh fatigue akibat tegangan torsi pada putaran 40000 Rpm, jenis sudu turbin itu di aplikasikan untuk apa..??

    bahan stainless stell baja tahan karat austenitik dan paduan super (superalloys)., itu,,jenis stainless stell ausentik apa, yang digunakan,, apakah 316L dapat digunakan untuk sudu turbin turbocharger, terima kasih

    ReplyDelete